Friday, October 07, 2016

Serial Panduan SEO : Konten Marketing adalah Tombak Utama dalam Strategi SEO

Pemasaran konten/content marketing adalah bagian utama yang terpenting dari SEO, masih banyak para content marketer yang kurang memperhatikan SEO, dan sebaliknya para praktisi SEO yang kurang memperhatikan kualitas konten yang mengakibatkan proses SEO dan pengembangan suatu website tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Kunci sukses SEO dalam membuat website yang ramai pengunjung adalah dengan menggunakan strategi content marketing dan di padukan dengan SEO/Optimasi mesin pencari yang tepat.

Semua pemasaran online yang mengandalkan Optimasi mesin pencari(SEO) bergantung pada kualitas konten yang di buat.

Konten Marketing adalah Tombak Utama dalam Strategi SEO
konten marketing

Pengertian dari Content Marketing

Content marketing atau Pemasaran konten dalam Bahasa Indonesia adalah usaha dan upaya dalam pemasaran yang di lakukan dengan memberikan konten bermanfaat kepada orang yang bertujuan agar mereka dapat mengenal usah maupun bisnis yang kita miliki.

Teknik pemasaran konten atau strategi content marketing sangat popular akhir-akhir ini. Seperti yang di tunjukkan dalam grafik berikut ini yang terus meningkat dari tahun ke tahun:

Contoh Kasus Penerapan Conten Marketing:

Sebuah perusahan industri Hijab membuat dan menerbitkan konten yang berisi tentang cara menggunakan hijab, trend hijab, bahan dan proses pembuatan hijab. Dengan begitu, pengguna yang sedang mencari informasi tentang konten hijab tadi akan menemukan website industri hujab tersebut, dari kasus ini kita dapat emlihat hubungan dari konten marketing tadi.

Seorang penulis konten/content marketer seharusnya memiliki pengetahuan tentang strategi SEO agar konten yang di buat mendapatkan ranking yang baik pada google/mesin pencari.
SEO modern adalah perpaduan antara Content Marketing dengan SEO

Periode demi periode, para praktisi SEO sering mencari celah untuk menemukan celah dari suatu mesin pencari agar websitenya mendapatkan ranking yang tinggi pada hasil pencarian google, dengan bermain pada kata-kunci, backlink, sosial signal, tags.

Namun, sebenarnya kunci SEO saat ini bisa kita analisa dan lihat dari apa yang di inginkan oleh semua pihak, Google, website maupun pengguna.

Pengguna ingin mendapatkan informasi yang baik, akurat dan berkualitas, agar membuat pengguna merasa puas, google pasti menempatkan artikel atau informasi yang terbaik pada hasil pencarian teratas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa jika kita ingin menmepati posisi yang teratas adalah dengan memberikan konten yang baik dan berkualitas.

Karna itu, Konten sangat memegang peranan penting dalam dunia SEO, konten yang baik sama dengan informasi yang berkualitas.

Dari itu seorang praktisi SEO harus memahami cara membuat content marketing yang baik. Karna SEO dan pemasaran konten saling berhubungan.

Hal yang harus kita pahami tentang content marketing

Sekarang kita mengerti bahwa konten memiliki peranan penting dalam SEO, maka kita juga harus mengetahui strategi pembuatan konten yang baik dan berkualitas. Karna tidak semua konten baik dalam SEO, jika kita membuat konten tanpa pengetahuan(asal-asalan), maka hasil SEOnya akan buruk..

Berikut langkah-langkah agar SEO dan content kita baik di mata google:

1. Utamakan Kualitas konten yang kita Buat

Semua orang menginginkan konten yang berkualitas, dan google pun demikian, mereka akan menmempatkan konten yang berkualitas di atas, bukan yang kualitasnya rendah. Kecuali tidak ada konten sejenis yang memang berkualitas.

So, cobalah membuat konten yang memiliki kualitas tinggi.

2. Ini Soal Kualitas, Bukan Kuantitias

Semakin sering kita membuat dan menerbitkan konten, maka kita akan semakin sulit untuk mempertahankan kualitas konten tersebut.

Konten memang penting, akan tetapi jangan membuat konten agar sekedar memiliki banyak konten. Pastikan kualitasnya juga, dan apakah konten yang kita terbitkan sudah di miliki oleh website lain.

3. Google memberikan ranking pada halaman, bukan website anda

Google tidak terlalu peduli apakah website kita memiliki banyak konten, atau hanya sedikit, yang mendapatkan ranking terbaik hanyalah konten yang berkualitas, jumlah konten dan halaman tidak terlalu berpengaruh.

Jadi, alangkah lebih baik dengan kita membuat sebuah konten yang memiliki kualitas yang tinggi dari pada membuat beberapa konten berbeda dengan topik pembahasan yang sama.

4. Konten anda sudah berkualitas? Itu saja belum cukup

Google adalah robot, jadi meski konten kita telah berkualitas tinggi, google juga akan menilai apakah artikel/konten yang kita buat sudah relevan dengan yang di inginkan oleh pengguna, google akan menilai relevansi dariKepuasan pembaca.

Maka, setelah kita mempublish koten kita, kita juga harus membeitahukan kepada pengguna tentang konten tersebut.

5. Penggunaan keyword pada konten yang kita buat

Sang penulis konten saring melupakan kata-kunci(keyword), faktanya kata-kunci berperan besar dalam strategi SEO.

Ada beberapa kesalahan yang sering terjadi saat penggunaak kata-kunci:

1. Keyword stuffing(penggunaan kata-kunci berulang : Berfikir bahwa dengan menggunakan kata-kunci yang sama secara berulang-ulang akan membuat google menyukai konten tersebut. Padahal tidak.

2. Menggunakan kata-kunci(keyword) yang umum : mengunakan kata kunci yang terlalu luas/umum tanpa mempedulikan tujuan dari pencariannya atau serach intent.

3. Tidak mempedulikan keyword : Saat kita telah menerbitkan banyak konten,kita akan mengerti bahwa konten yanf fokus pada suatu keyword akan mendapatkan banyak pengunjung dari pada tidak menggunakan keyword(kata kunci) sama sekali.

4. Persaingan internal : umumnya setiap website hanya akan muncul pada satu halaman hasil pencarian, Jika kita mengincar keyword utama dengan lebih dari satu konten, makan kita akan mengincari konten lain dari website kita sendiri, maka cobalah untuk melakukan diversifikasi kata-kunci pada seitan konten atau halaman website yang kita miliki.
Pengecualian agar memahami maksud darisearch intent

Dari hasil pencarian google, tidak semua keyword memberikan peringkat konten artikel, video mapun gambar/foto. Disni ada pengecualian

Contoh kasus: saat seorang user melakukan sebuah pencarian menggunakan keyword “beli smartphone”.

Bayangkan apakah hasil yang di harapkan oleh pengguna tersebut?

· Artikel yang menjelaskan tentang cara membeli smartphone
· Video tips emmbeli sebuah smartphone, atau
· Toko online yang menjual smartphone


Sudah pasti hasil yang ketiga bukan?

Mesin pencarian seperti google memahami hal ini. Karna dengan kata-kunci “beli smartphone” sangat sulit untuk mendapatkan peringkat yang bagus karna konten kita berisi artikel tentang membeli smartphonewalaupun artikel kita berkualitas. Jadi coba pahami terlebih dahulu maksud dari kata-kunci yang kita gunakan

Jika user menginginkan informasi yang konten maka google pasti memberikan konten, namun jika mereka ingin membeli sebuah produk, maka google juga akan lebih mengutamakan halaman yang menjual produk tersebut.


EmoticonEmoticon