Friday, October 07, 2016

Serial Panduan SEO : Strategi Mengoptimasi Halaman dan Konten Website Menggunakan Teknik SEO On Page

Faktor pertama yang di lihat mesin pencari adalah On Page SEO, algoritma pada mesin pencari akan melihat struktur, halaman dan konten pada website kita apakah layak untuk di jadikan ranking teratas. Dengan strategi SEO On-Page, kita dapat melakukan optimasi melalui website kita sendiri.

Optimasi SEO on page akan memberitahu kepada mesin pencari bahwa website kita sesuai dan berkualitas seperti yang ingin di cari oleh pengguna.

Strategi Mengoptimasi Halaman dan Konten Website Menggunakan Teknik SEO On Page
seo on page
Pada artikel ini, kita akan membahas dan mempelajari langkah-langkah untuk menerapkan strategi SEO on page dan cara mengoptimasi website anda dengan teknik SEO ini:
Yang Wajib Anda Pahami Pada SEO On Page

Ada beberapa konsep yang harus anda pahami dalam SEO dan juga konsep dalam Strategi SEO on page.

Selain SEO on page kita juga akan membahas seo off page, keduanya penting dalam strategi optimasi SEO.

Hal yang harus kita ketahui dalam optimasi SEO on page adalah membuat konten yang bermanfaat untuk pengunjung, memudahkan pengunjung saat melakukan eksplorasi(dengan navigasi, menu, tag, kategori), membuat pengunjung agar merasa tetap betah berada di website kita, mesin pencari memahami struktur website yang kita miliki.

Cobalah fokus kepada pengunjung terlebih dahulu, karna mesin pencari akan mengetahui secara mudah apakah pengunjung pada website kita merasa nyaman dan puas dengan apa yang telah kita sajikan.

Coba anda bayangkan sebuah kasus, ketika kita mencari sesuatu pada mesin pencari(Google), dan memilih salah satu pada hasil pencarian lalu masuk ke dalam website tersebut, namun setelah kita lihat isinya tidak memuaskan dan tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Maka seketika akan mencari website lain yang isinya lebih relevan dan memuaskan bukan?

Mesin pencari tentunya akan memberikan layanan terbaik untuk pengguna layanan mereka, maka secara otomatis kita juga harus memuaskan pengguna agar mereka nyaman berada di website kita, dan hal ini akan menyenangkan mesin pencari.

Komponen Utama Pada Website yang Harus Kita Optimalkan:

Berikut faktor-faktor yang dapat mengoptimalkan website kita yang menjadi elemen utama SEO on page:

1. Konten/Artikel

2. Keyword/Kata Kunci

3. Judul Website

4. URL/Link/Alamat

5. Meta description/Deskripsi

6. Media gambar yang Relevan

7. Outbound link/Link yang menuju keluar website

8. Internal link/Link yan menuju tetap pada website kita namun berbeda halaman

9. Social sharing/Tombol Share Media Sosial

10. Kecepatan website yang kita miliki


1. Buat Konten dengan Kualitas yang Baik dan Informatif

Konten menjadi peringkat pertama yang berperan penting pada SEO on page.

Sangat sulit dan mustahil rasanya jika kita ingin mendapatkan peringkat/ranking satu namun kita memiliki kualitas konten yang buruk.

Bagaimana membuat konten yang berkualitas? Apa yang perlu saya siapkan? Bagaimana ciri-ciri konten yang baik dan berkualitas?

1. Memberikan manfaat bagi pengunjung website kita, dengan membuat konten yang lengkap.

2. Konten Lebih menonjol dari pada konten sejenis lainnya.

3. Dapat di baca dengan mudah dan dinikmati oleh pengunjung

4. Membangkitkan emosional atau perasaan (Haru,kagum, terhibur, sedih, bahagia)

5. Bisa menyelesaikan masalah yang di miliki pengunjung

Demikian 5 poin penting yang di miliki oleh konten yang berkualitas.

Jika kita ingin mendapatkan peringkat/posisi yang baik dalam mesin pencari, alangkah baiknya konten kita mencukupi kriteria-kriteria di atas.

Dan perlu kita ketahui ada beberapa ciri hal-hal yang tidak di sukai oleh google yang meliputi:

1. Artikel Terlalu Pendek (thin), Menggunakan kata-kata dan kalimat yang sedikit dan tidak berbobot

2. Tidak mampu memberikan nilai plus bagi pengunjung dan pembaca

3. Tidak original atau copy paste dari artikel orang lain

4. Membuat pembaca frustrasi, karna tidak menyelasaikan masalah dan karena memiliki kualitas yang rendah

Jika konten kita memiliki salah satu kondisi di atas, makan akan sangat sulit untuk menempati peringkat yang baik dalam hasil pencarian google bahkan dapat berakibat penalty.

Mesin pencari terutama google akan selalu memperbaharui algoritma yang mereka buat. Semakin ke sini algoritma mereka semakin mengerti membedakan mana konten yang berkualitas dan mana yang tidak berkualitas. Cobalah untuk lebih berhati-hati saat kita ingin menerbitkan sebuah artikel pada website kita.

2. Gunakan Keyword yang sedang Populer dan sesuai dengan Target Market/sasaran kita

Saat kita mencoba browsing pada suatu mesin pencari, kita akan mengetikkan kata-kata, hal itu di sebut keyword di dalam dunia SEO.

Nah, setelah kita mesin pencari seperti google misalnya, akan menampilkan hasil yang sesuai dengan apa yang telah kita ketikkan tadi, saat keyword semakin relevan maka akan semakin tinggi pula tingkat/ranking websitenya.

Setidaknya, di setiap halaman website kita, kita dapat mengoptimasi sebuah kata kunci, bagaimana caranya?

Dengan menyertakan keyword pada website kita, bisa berada di dalam Judul, konten/artikel, tag, URL dan lainnya, dengan begitu mesin pencari akan mampu memahami dan menganalisa isi website yang kita miliki.

Apa maksud dari keyword yang lebih tepatnya?

Misal, andi ingin membeli sebuah smartphone baru dan mencoba mencari di google dengan keyword “Jual Samsung S6”Apa artinya?

Apakah Andi hanya sekedar ingin membaca artikel tentang Samsung S6 atau ingin membeli Samsung S6? Mesin pencari lebih memahami akan hal ini, sehingga google akan menampilkan halaman website yang menjual produk Samsung S6.

Maka kita harus benar-benar mengerti tentang bagaimana teknik penggunaan keyword yang tepat.

3. Membuat Judul Artikel yang Membuat Orang Kepengen Nge-Klik

Cara yang kita gunakan dalam optimasi Judul adalah menggunakan keyword apa yang kita incar dalam artikel yang kita buat.

Contoh: kita ingin membuat artikel tentang Belajar Bisnis Online, Tentu kita harus membuat artikel yang mengandung kata “Belajar Bisnis Online”. Dan hal itu belum cukup, kita juga harus menambahkan agar judul menambah ketertarikan terhadap pembaca.

Jika judul yang kita buat membuat pengunjung tertarik, maka akan semakin baik dan akan mendatangkan lebih banyak pengunjung.

Karna, judulnya kita buat adalah hal pertama yang akan di baca oleh user/pengguna dalam hasil pencarian, maka dengan kita mengoptimasi judul yang mengundang emosional maka jumlah klik ke website kita juga akan semakin bertambah.

Cobalah untuk mempelajari artikel-artikel yang membahas tentang cara membuat judul artikel yang mampu mengundang klik

4. Link/URL yang Singkat Dan Mewakili Kata Kunci

Link/URL/Alamat yang mengandung keyword juga berpengaruh terhadap hasil pencarian google.

Contoh url yang kurang baik:

domainanda.com/p=12

domainanda.com/uiejrer-1321

Url yang baik adalah yang sesuai dengan apa yang terkandung dalam link tersebut:

Misal halaman tentang belajar SEO:

Domainanda.com/belajar-seo

Halaman yang berisi banyak produk:

domainanda.com/laptop/acer/

Usahakan membuat URL yang mendeskripsikan konten pada website kita dan mengandung keyword yang kita targetkan.


5. Meta Deskripsi yang Menarik untuk di Klik

Meta description adalah 1-2 kalimat/ paragraf yang muncul pada hasil pencarian:


Meta description sebenarnya tidak terlalu mempengaruhi peringkat halaman website kita.

Dan juga tidak selalu muncul pada hasil pencarian ktia. Google saat ini lebih sering menggunakan kalimat di dalam konten sebagai deskripsi halaman jika tidak kita optimasi pada saat pembuatan konten.

Dengan mengoptimasi meta deskripsi akan menambah kemungkinan agar pengunjung website kita semakin tinggi, semakin sering di klik pengguna akan semakin baik peringkatnya pada hasil pencarian.

6. Gunakan Gambar yang Relevan dan Berkualitas Baik

Kita pasti tidak betah jika mengunjungi sebuah website yang isinya hanya teks dan dengan susunan yang amburadul. Sangat membosankan pastinya kan? Namun, dengan meletakkan gambar, video, icon, infografis maka akan membuat artikel kita menjadi lebih hidup dan berwarna, menjadi nilai plus bagi artikel kita.

Banyak orang beranggapan jika kita menggunakan gambar malah merugikan, aneh….
Bahkan mesin pencari seperti google sangat menyukai hal ini, lebih informative dan relevan jika kita menggunakan gambar/multimedia.

Namun, jangan terlalu banyak sehingga memberatkan device sang pengunjung, dan jangan pula menggunakan item multimedia yang sama sekali tidak berkaitan dengan tema artikel kita.


Berikut Tips yang saya rangkum bagaimana menggunakan gambar yang baik dalam suatu konten:

- Menggunakan gambar yang relevan, berhubungan dan dapat membantu menjelaskan konten yang kita miliki
- Menggunakan gambar dengan size dan ukuran yang tidak terlalu besar
- Menggunakan resolusi gambar yang tepat dan sesuai, alangkah baiknya jika responsive mengikuti ukuran device user.
- Optimalkan gambar dengan mengkompresnya
- Menambahkan atribut alt pada gambar saat membuat konten


7. Menggunakan referensi link yang menuju kepada website lain

Hal ini juka termasuk poin penting apalagi saat kita baru merintis website yang masih fresh dan baru.

Google sebagai mesin pencari dan tempat mencari informasi sudah pasti ingin menampilkan dan menyediakan konten yang dapat di percaya oleh pengguna, agar informasi tersebut tidak memberikan informasi yang bisa menyesatkan, seperti website-website berjenis AGC(auto generate konten).

Salah satu alasan agar lebih mudah memasuki halaman pertama adalah membangun reputasi yang kita bangun.

Karna website kita fresh dan baru, Maka google akan menganggap isi konten kita masih belum dapat di percaya, jadi akan sulit bagi kita untuk mendapatkan ranking yang baik, dengan menggunakan referensi makan akan sangat membantu.

Sebuah link yang menuju website lain yang kontennya sudah bagus dan memiliki reputasi tinggi akan membantu kita menjadikan artikel lebih kredibel, Dapat di percaya karna sumber yang jelas.

Mari kita analogikan contoh kasusnya:

Saat kita membaca sebuah buku non-fiksi, maka di dalam buku tersebut sudah pasti mengandung catatan kati maupun daftar pustaka, yang mengambil informasi/kutipan bersumber dari buku lain, buku yang tidak memiliki referensi akan dianggap kurang kredibel atau tidak dapat di percaya.


8. Menambahkan internat link agar memudahkan user bernavigasi

Pada google analytics ada istilah yang bernama bounce rate, yang artinya ketika pengguna memasuki website kita, lalu dia keluar tanpa sempat melakukan tindakan apapun di dalam website kita.

Jika bounce rate pada website kita bernilai tinggi, maka hal itu bisa terjadi karna dua kemungkinan.



- Kualitas konten yang mengecewakan dan



- Navigasi website yang menyulitkan dan ribet.


Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, website yang kualitasnya tidak baik, akan sulit sekali mendapatkan peringkat/ranking yang tinggi. Dengan bounce rate kita akan mengetahui apakah pengguna telah puas atau tidak dengan konten yang kita sajikan.

Salah satu usaha dan upaya yang dapat kita implementasikan untuk tetap memiliki bounce rate yang kecil adalah dengan menambahkan internal link(link website antar halaman satu dengan yang lainnya). Agar mempermudah para pengunjung saat berkunjung dari halaman satu menuju ke halaman lainnya dalam website yang kita miliki.

9. Menambahkan tombol share menuju media sosial

Memang, google tidak menganggap bahwa jumlah share media social sebagai salah satu faktor penentu ranking website, akan tetapi hal ini tidak penting.

Malah sebaliknya. Media social memiliki pengaruh yang tidak langsung untuk meningkatkan ranking website, beberapa manfaat yang dapat kita ambil.

- Menambahkan pengunjung dari audience pada media social yang kita miliki

- Branding, agar website kita lebih di kenal orang lain

- Menjadi faktor kepuasan pengunjung(pengunjung akan suka rela meng-share artikel yang kita miliki jika artikel yang kita buat memuaskan)

- Menambahkan backlink secara cuma-cuma



Jika kita bandingkan dengan strategi SEO, media social akan lebih cepat mengenalkan brand kita jika kita memanfaatkannya secara maksimal.

Saat website kita di kenal oleh pengguna, orang-orang akan lebih ingin mengetahui secara lebih dalam konten-konten pada website yang kita miliki melalui mesin pencarian(google), karna banyak yang mencarinya pada mesin pencari, maka reputasi website kita bisa dianggap bagus oleh google.

Maka, Jangan lupa untuk memasang tombol share pada website anda.

10. Kecepatan pada website juga penting

Website yang lebih cepat akan menjadi nilai lebih dan di rekomendasikan langsung oleh google.

Keuntungan ini bukan hanya dari segi mesin pencarian, pengunjung juga pasti akan lebih suka dan nyaman karna website kita memiliki loading yang singkat tanpa perlu menunggu terlalu lama.Beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan website:

- Kualitas hosting dan type hosting yang kita gunakan

- Jumlah dan ukuran file javascript dan css yang berada pada <head>

- Ukuran halaman, biasanya karna size yang terlalu besar.

- Media gambar, video, animasi yang terlalu banyak, berlebihan dan tidak terlalu penting.

Hal yang patut kita coba untuk menguji kecepatan website kita adalah menggunakan Google Page Speed Test. Usahakan untuk mendapatkan skor tidak kurang dari 75%, karna skor tersebut adalah nilai standart yang di berikan oleh google.

Pelajari tentang cara membuat konten yang baik dan benar pada link berikut ini.


EmoticonEmoticon